Kunjungi Juga Klub Sastra Kami

SASTRA MEDUSA

Selasa, 06 Agustus 2013

Lokasi Wisata Di Kalimantan

Liburan adalah waktu yang tepat bagi tiap orang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga maupun teman-teman. Setelah bekerja atau bersekolah, tentunya fisik dan pikiran kita menjadi penat. Karenanya, waktu libur panjang yang diberikan sangat efektif apabila dihabiskan untuk menyantaikan tubuh dan pikiran barang sejenak.


Namun tentunya Anda akan menjadi bosan, apabila menghabiskan waktu liburan hanya dengan bermalas-malasan di rumah. Pergi keluar rumah untuk menghabiskan waktu liburan bisa menjadi alternatif menghabiskan waktu liburan yang efektif. Karena selain bisa menyegarkan tubuh dengan bergerak, pikiran juga bisa disegarkan dengan berbagai pemandangan baru yang mungkin akan Anda temui. Anda juga bisa mendapat wawasan baru mengenai tempat-tempat berlibur asing yang menarik untuk Anda kunjungi.

Lokasi berlibur bisa di mana saja, tak harus pergi ke Pulau Jawa untuk mengunjungi tempat-tempat yang menarik. Selain lebih menghemat tenaga, lebih memungkinkan juga bagi kita untuk menghemat biaya yang dikeluarkan untuk akomodasi perjalanan, penginapan, biaya masuk, biaya sewa alat, dan lain sebagainya.

Sebagai orang Kalimantan, sebenarnya kita patut berbangga hati karena daerah kita juga mempunyai cukup banyak pilihan tempat wisata yang cukup menarik. Simak beberapa tempat wisata menarik yang ada di Kalimantan yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda di bawah ini.

KEPULAUAN DERAWAN


Kepulauan Derawan adalah salah satu lokasi wisata terkenal yang ada di Kalimantan. Kepulauan Derawan berada di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah obyek wisata bahari yang menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang banyak diminati turis mancanegara. Bahkan, Derawan masuk obyek wisata selam nomor empat di Indonesia setelah Taman Laut Rajat Ampat (Papua), Taman Laut Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Taman Laut Bali Barat (Bali)—mengalahkan Taman Laut Bunaken (Sulawesi Utara) di posisi ke-lima.

Kepulauan Derawan memiliki tiga kecamatan yaitu Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Bidul. Dan dari total tiga puluh satu pulau di kepulauan Derawan, ada empat pulau terkenal yang biasa dikunjungi wisatawan, yaitu Pulau Maratua, Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban yang ditinggali satwa langka penyu hijau (Chelonia mydas) dan penyu sisik (Eretmochelys imbricata).

Asal-usul nama pulau tersebut ternyata cukup unik, yakni Pulau Maratua dari kata mertua, Pulau Derawan dari kata perawan, Pulau Sangalaki dari kata lelaki, dan Pulau Kakaban dari kata kakak.

Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting, yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau (hutan mangrove). Selain itu, banyak spesies yang dilindungi berada di Kepulauan Derawan, seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda, ikan pari, ikan manta, dan beberapa spesies lainnya.

Di tempat itu juga ada lokasi wisata menarik selain rekreasi taman bawah lautnya, yaitu Danau Kakaban yang merupakan laguna, yang hanya ada dua di dunia ini (salah satunya adalah Danau Victoria di Uganda). Danau ini terbentuk dari air laut yang terjebak di dalam pulau selama ratusan tahun dan bercampur dengan air hujan sehingga membentuk air payau. Di danau ini terdapat ubur-ubur yang berenang terbalik (tentakelnya di atas).

Karena menjadi salah satu lokasi wisata yang paling menarik di Indonesia, sudah banyak perusahaan penyedia jasa yang menawarkan paket liburan ke Kepulauan Derawan. Harga paket wisata yang ditawarkan sangat beragam, namun biasanya di atas 1 juta rupiah. Biaya tersebut biasanya sudah termasuk penginapan, transportasi, makan, menyewa perlengkapan dan wahana (banana boat, perlengkapan snorkeling, dll), dokumentasi, dan guide. Informasi lengkap mengenainya bisa dibrowsing sendiri di internet. Selamat berlibur!
               

Gambar Pulau Derawan        : belantaraindonesia.org
Artikel Pulau Derawan          :  1. belantaraindonesia.org
                                             2. didasadariksa.wordpress.com
                                             3. lukevery.blogspot.com
                                             4. id.wikipedia.org
                                             5. baltyra.com
                                             6. nyatanyatafakta.info

***

PASAR TERAPUNG


Anda mungkin berpikir bahwa hanya ada dua jenis pasar di dunia ini, yakni pasar tradisional dan pasar modern (supermarket) yang mana keduanya terletak di daratan. Namun, ada sebuah pasar unik yang mana proses jual-belinya berlangsung di atas sungai. Ya, benar-benar di atas sungai. Para pedagang dan pembeli biasanya menggunakan Jukung (sebutan perahu dalam bahasa Banjar) untuk melakukan transaksi mereka.

Salah satu pasar terapung terdapat di wilayah Kalimantan. Pasar Terapung Muara Kuin namanya, adalah Pasar Tradisional yang berada di atas sungai Barito di muara sungai Kuin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pasar ini mulai buka saat shubuh hingga selepas pukul 7 pagi (sumber lain mengatakan hingga pukul 9 pagi). Pasar unik yang buka jauh sebelum para ayam jantan berkokok dikala fajar ini selalu menjadi tujuan bagi wisatawan yang berkunjung di kota yang juga terkenal dengan julukan “Kota Seribu Sungai”.

Pada tahun 1526 Sultan Suriansyah mendirikan kerajaan di tepi sungai Kuin dan Barito yang kemudian menjadi cikal bakal kota Banjarmasin. Di tepian sungai inilah awalnya berlangsung pusat perdagangan tradisional berkembang. Pedagangnya menggunakan perahu kecil yang terbuat dari kayu (jukung). Para pedagang ini kebanyakan adalah perempuan yang mengenakan pakaian tanggui dan caping lebar khas Banjar yang terbuat dari daun rumbia.

Pasar terapung tidak memiliki organisasi seperti pada pasar di daratan, sehingga tidak tercatat berapa jumlah pedagang dan pengunjung atau pembagian pedagang bersarkan barang dagangan.Para pedagang wanita yang berperahu menjual hasil produksinya sendiri atau tetangganya disebut Dukuh, sedangkan tangan kedua yang membeli dari para dukuh untuk dijual kembali disebut Panyambangan. Keistemewaan pasar ini adalah masih sering terjadi transaksi barter antar para pedagang berperahu, yang dalam bahasa Banjar disebut bapanduk, sesuatu yang unik dan langka.

Namun, dengan semakin pesatnya perkembangan pasar darat, pasar terapung dapat dipastikan hampir punah. Para pedagang di pasar terapung pun semakin sedikit jumlahnya. Akan tetapi disebutkan bahwa jumlah wisatawan meningkat.

Selain pasar terapun, wisatawan juga dapat melihat ciri khas yang ada di daerah tersebut. Di sepanjang sungai yang menjadi tempat transaksi terdapat rumah-rumah terapung yang disebut rumah lanting, yang selalu oleng dimainkan gelombang.


Gambar Pasar Terapung        : mafiatetoskopiah.wordpress.com
Artikel Pulau Derawan           : 1. banjarmasinkota.go.id
                                             2. travel.okezone.com
                                             3. mafiastetoskopiah.wordpress.com

***

PANTAI PASIR PANJANG


Pantai Pasir Panjang terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kota Singkawang sendiri berjarak sekitar 142 kilometer dari Kota Pontianak, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat. Biaya masuk pantai ini relatif murah, yaitu hanya 5.000 rupiah untuk tiap orang.

Pantai ini menjadi salah satu destinasi lokasi wisata yang menarik bagi para wisatawan karena air lautnya yang jernih dengan ombak yang tenang, bertabur dengan hamparan pasir putih di pantainya yang panjang. Ya, pantainya memang membentang panjang melengkungi laut lepas sepanjang 3 km, karena itu lokasi wisata ini dinamakan Pantai Pasir Panjang.

Di seberang pantai juga ada beberapa pulau kecil, di antaranya Pulau Lemukutan, Pulau Kabung, dan Pulau Randayan yang dibatasi oleh Kepulauan Natuna. Wisatawan bisa menyewa jasa speedboat untuk pergi mampir ke pulau-pulau tersebut.

Pantai ini memang cocok dijadikan sebagai salah satu lokasi wisata favorit karena selain menyajikan keindahan alam yang memukau, tersedia banyak fasilitas umum yang memadai bagi para wisatawan. Di kawasan pantai, tersedia pusat informasi pariwisata, jasa sewa speedboat, banana boat, sepeda air, darmoling, shelter-shelter, pondok wisata, toko suvenir, bahkan diskotik. Selain itu, disediakan juga kolam renang dan arena bermain untuk anak-anak.

Di pantai ini para wisatawan juga bisa melakukan berbagai olahraga seperti motorcross, sepakbola pantai dan voli pantai. Selain itu, kita bisa berenang, memancing, bahkan menyelam di sana karena airnya memang sangat jernih. Wisatawan juga dapat melihat indahnya momen terbitnya fajar dan sunset bersama keluarga atau teman-teman di pantai ini.

Bila bosan di pantai, wisatawan dapat melihat-lihat kehidupan masyarakat kampung nelayan yang tidak terlalu jauh dari lokasi pantai, atau bersantai di shelter-shelter yang disediakan.

Di Kota Singkawang, mayoritas penduduknya beretnis Tionghoa dengan presentase 70% dari total penduduk. Sehingga Kota Singkawang selain dikenal dengan objek wisatanya yang menarik, Kota ini juga dikenal sebagai Kota Amoy dan China Town-nya Indonesia.

Tak salah bila pantai ini disebut sebagai ikon pariwisata Kota Singkawang. Kini, salah satu objek wisata andalan Kalimantan Barat ini telah dikembangkan menjadi sebuah paket wisata terpadu bernama Taman Pasir Panjang Indah (TPPI).


Gambar Pantai Pasir Panjang      : bumi-nusantara.blogspot.com
Artikel Pantai Pasir Panjang        : 1. banjarmasinkota.go.id
                                                 2. tina-tinu-wisata.blogspot.com
                                                 3. pasirpantai.com
                                                 4. berbagi-10.blogspot.com

***

TAMAN BUKIT BOUGENVILLE


Satu lagi lokasi wisata menarik yang ada di Kalimantan, tepatnya di Desa Sijangkung, Singkawang, Kalimantan Barat. Ialah Taman Bukit Bougenville, yang tidak lain adalah sebuah taman yang didominasi oleh bunga bougenville. Bunga bougenville yang ditanam ada sekitar 46 spesies, dan aneka spesies bougenville yang ditanam tidak hanya berasal dari Indonesia saja, melainkan juga dari luar negeri.

Warna-warni bunga bougenville yang ditata apik, ditambah lokasi obyek wisata yang terletak di perbukitan Pangmilang dan dikelilingi pegunungan, menjadikan tempat wisata ini terasa sejuk dan menyegarkan. Sehingga tempat ini cocok untuk dijadikan tempat bersantai dan menikmati segelintir keindahan alam dari dunia yang luas ini.

Bunga-bunga yang ditanam pun tak melulu Bougenville. Terdapat juga bunga-bunga lainnya seperti aglonema, antorium, serta berbagai jenis anggrek.

Selain menghadirkan ragam bunga Bougenville, taman ini juga menyediakan fasilitas lainnya untuk para pengunjung seperti kolam renang mini, musholla, pondok-pondok tempat bersantai, rest room, cafeteria, rumah kaca, serta hutan homogen (sering disebut area super sejuk).

Hutan homogen merupakan salah satu tempat favorit di kawasan ini. hutan ini berisi rerimbunan pohon gaharu, yang memiliki udara super sejuk dan bebas polusi. Suasana yang berbeda dengan keadaan di kota-kota besar pada umumnya bisa Anda dapatkan di sini.
            

Gambar Taman Bukit Bougenville    : bumi-nusantara.blogspot.com
Artikel Taman Bukit Bougenville      : 1. belantaraindonesia.org
                                                      2. wisata-kalimantan-barat.blogspot.com
                                                      3. id.wikipedia.org

***

1 komentar :

Unknown mengatakan...

Photo Prewedding sambil berlibur ke Bali?? Hanya Rp. 5.000.000 Sudah termasuk : • Penjemputan dari bandara ngurah rai ke hotel tempat menginap • Menginap 2 malam 3 hari di hotel / bungalow (Kuta /Ubud/Sanur) • Photo prewedding (Art Centre Denpasar, Makan siang di restaurant kintamani, Toya bungkah dan Ubud) • Gratis 1 x tour mengunjungi objek wisata di Bali dan drop ke bandara ngurah rai (durasi 10 H) Silahkan hubungi kami di http://www.3daysphotography.com/ Mobile : 081238128654 Pin : 524E0631

Posting Komentar


 
Copyright (c) 2010 open your eyes to this big world... . Design by WPThemes Expert

Blogger Templates and RegistryBooster .