Kunjungi Juga Klub Sastra Kami

SASTRA MEDUSA

Senin, 12 Agustus 2013

Kumpulan Misteri Tentang Sinar Dan Cahaya

Banyak peristiwa unik dan misterius di sekeliling kita. Tentu kita merasa tertarik dengan berbagai kejadian aneh tersebut, dan seringkali kita mengaitkannya dengan hal-hal yang berbau mistis. Namun ternyata, beberapa di antara fenomena-fenomena aneh tersebut sudah dicarikan penjelasan ilmiahnya oleh beberapa orang. Sehingga kita tidak perlu lagi berimajinasi yang tidak mungkin dan berparanoid ria. Simak beberapa fenomena unik yang berhubungan dengan sinar dan cahaya.



1. Bola Api Naga Nong Khai Di Sungai Mekong

Setiap umat tentu mempunyai cara merayakan Hari Raya-nya masing-masing. Tidak terkecuali dengan umat Budha. Namun ternyata, alam pun seolah turut "merasakan" kegembiraan umat Budha dengan melontarkan suatu fenomena yang menarik.

Fenomena yang dimaksud adalah naiknya bola-bola cahaya misterius dari permukaan sungai. Fenomena luar biasa ini hanya muncul 1-3 hari dalam setahun, tepat di akhir masa retret umat Budha Thailand yang biasanya jatuh di bulan Oktober.

Bola-bola api ini hanya bisa dilihat pada malam hari. Menurut legenda setempat, bola-bola api ini datang dari seekor naga yang berdiam di dalam sungai. Benarkah demikian?

Ada seorang dokter bernama Manas Kanoksin yang telah berhasil menemukan penjelasan ilmiah mengenai fenomena alam yang menarik ini. Menurutnya, bola-bola api ini adalah sebuah fenomena alam yang disebabkan oleh endapan gas metana yang naik dari dasar sungai. 

Bagaimana bisa endapan gas metana menghasilkan bola-bola api yang terlihat cantik di malam hari? Ternyata, waktu akhir dari masa retret umat Budha sama persis dengan periode di mana bumi berada dalam jarak terdekat dengan matahari. Gravitasi matahari yang dikombinasikan dengan peningkatan kadar ultraviolet telah meningkatkan konsentrasi dan volatilitas oksigen di permukaan bumi. Hal inilah yang menyebabkan gas metana berhasil lepas dari dasar sungai dan terlihat sebagai bola-bola api, yang disebut sebagai Fai Paya Nak atau bola-bola api naga oleh penduduk setempat.

Namun Kementrian sains Thailand mempunyai pendapat yang sedikit berbeda. Mereka mengatakan fenomena ini muncul akibat pembakaran gas Phosphine. Dan fenomena ini terjadi tepat saat hari raya agama Budha, yang jatuh pada bulan Oktober, karena pada bulan inilah akumulasi gas di dasar sungai mencapai puncaknya dan akan menyebur ke atas membentuk bola-bola api yang misterius.



2. Misteri Cahaya Bumi

Ada beberapa fenomena cahaya bumi di beberapa tempat di dunia. Di antaranya adalah Marfa di Texas, Brown Mountain Lights di North Carolina, Hessdalen Light di Norwegia, Paulding Light di Michigan, dan Min Min Light di Australia.

Di antara kesemuanya, fenomena cahaya Marfa di Texas-lah yang paling terkenal. Hampir tiap malam di daerah ini terlihat cahaya-cahaya yang berasal dari suatu tempat. Biasanya, bola-bola cahaya ini berwarna putih, merah, kuning, atau oranye dan bergerak naik turun.

Seperti cahaya Nong Khai di Thailand, selama beberapa saat cahaya Marfa menjadi suatu misteri unik yang menarik banyak orang untuk melihatnya. Dan ternyata, setelah diketahui, penjelasan mengenai asal-usul bola-bola cahaya misterius itu cukup sederhana.

Ada suatu teori yang bernama Teori Pembalikan Temperatur yang bertemu dengan cahaya lampu mobil bisa menjelaskan fenomena ini. Fenomena pembalikan temperatur sendiri terjadi ketika udara padat yang dingin terjebak pada lapisan udara hangat di dekat tanah. Dan saat ada mobil yang lewat (bahkan jika bermil-mil jauhnya) bertemu dengan kondisi ini, maka cahaya lampu bisa menciptakan bola-bola cahaya aneh yang mengapung di udara.


3. Fenomena Langka Sun Dog Dan Parhelic Circle

Suatu fenomena unik lainnya datang dari langit itu sendiri (haha bahasanya..). Adalah Sun Dog (disebut juga fenomena matahari kembar) yang biasanya terlihat terlihat bersamaan dengan Parhelic Circle.

Fenomena Sun Dog adalah sebuah fenomena ketika kita bisa melihat adanya kumpulan cahaya tambahan di kedua sisi matahari. Sedangkan Parhelic Circle  adalah garis lengkung berwarna putih yang menembus matahari.

Sun Dog sendiri terjadi ketika cahaya matahari bersinar menembus kumpulan lempeng es kristal hexagonal yang tersusun secara horizontal di langit, yang mengakibatkan cahaya itu dibelokkan dengan sudut minimum 22 derajat. Fenomena ini biasanya lebih mudah terlihat ketika matahari akan terbit atau terbenam.

Seperti Sun Dog, penyebab munculnya fenomena Parhelic Circle juga sama. Bedanya, Sun Dog dapat terlihat saat es kristal hexagonal berada pada posisi yang horizontal, sedangkan Parhelic Circle saat berada pada posisi vertikal.


4. Indah Dan Mengerikannya Lime Light

Hijau adalah warna yang menarik, karena merupakan warna mayoritas dari ekosistem hutan yang penting bagi dunia. Namun, jika warna hijau ini dipadankan dengan warna langit,  apalagi saat sore menjelang malam justru terlihat janggal dan menyeramkan. Seperti pemandangan di samping yang diambil di Danau Laberge, Yukon Territory, Kanada. Belum diketahui apa penyebab dari fenomena langit hijau ini. Apa karena wilayah tersebut dihuni hantu, karena selain akrab dengan warna merah darah, bukankah hantu juga bisa diidentikkan dengan warna hijau? (hehe bercanda~)


5. Penampakan Noctilucent, Sang Awan Misterius

Jenis awan ada beragam. Ada awan Cirrus, Cirrocumulus, Cirrostratus, Altocumulus, Altostratus, Nimbostratus, Stratocumulus, Stratus, Cumulus, dan Cumulonimbus. Awan-awan tersebut terletak bergantung di langit pada ketinggian yang berbeda. Tapi, ada satu jenis awan aneh yang bercahaya terang. 

Awan yang dimaksud adalah awan noctilucent. Awan ini terbentuk dari kristal es yang kurang lebih memiliki diameter 100 nanometer dan hanya terbentuk di ketinggian langit yang tinggi (di tepi ruang angkasa, sekitar 76-85 kilometer di mesosfer) serta di temperatur yang luar biasa dingin. Awan yang terletak paling tinggi di antara semua jenis awan ini hanya dapat dilihat saat matahari berada di bawah cakrawala.


sumber : fenomenaduniaon.blogspot.com
         apod-id.com
         astronesia.blogspot.com
         fiqflash.blogspot.com
         kamusmeteorology.blogspot.com
         xfile-enigma.blogspot.com

0 komentar :

Posting Komentar


 
Copyright (c) 2010 open your eyes to this big world... . Design by WPThemes Expert

Blogger Templates and RegistryBooster .