Kunjungi Juga Klub Sastra Kami

SASTRA MEDUSA

Jumat, 16 Mei 2014

SPACE MAZE IN MATESHIP

PERINGATAN!

Apa yang ditulis pada paragraf selanjutnya bukanlah suatu ceramah. Tulisan ini sebatas kata-kata absurd dari seorang remaja yang bingung mencari rangkaian kalimat motivasi untuk dirinya sendiri. Ini hanya sindiran untuk diri sendiri.
Maka dari itu, apabila ada kata-kata yang kurang pantas dan kurang bisa dimengerti, mohon dimaafkan. Terima kasih, dan silahkan membaca.


di sini aku berperan sebagai kalian, dan kalian sebagai aku…
…kami, adalah aku dan kalian…
…dan kamu adalah kamu, subjek penilai…
…dan mereka, adalah mereka, yang tak memiliki relasi dengan semua ini…




Selamat malam, manusia! Apa yang ada di pikiranmu saat ini?

Jawabannya harus: “Hai. Hanya melihat aku bahagia, dan melihat kalian sengsara.”

Benar yang kau katakan. Kami melakukan seperti yang kau gambarkan, seraya saling bertukar nasib yang tak seberapa berpengaruh. Kami semua sama-sama tenggelam di dalam black hole buatan “kami” di angkasa nun gelap di sana.

Kami terputar dan terisap dalam roda pekat tanpa kami sadari, setiap waktu. Dalam hitungan detik yang pelan, maupun cepat. Memori yang seindah surga-Nya dan yang seburuk neraka-Nya menjadi satu dalam kepekatan abu kelam, yang terjalin oleh benang merah takdir mutlak milik sang tuhan dalam suatu ruang hampa yang dikehendaki-Nya: black hole “kami”. Satu jalur yang menentukan ujung dari “ketersesatan” kami di masa depan kelak, adalah jalan serong yang akan kami tempuh sekarang. Jalur itu bernama ego.

Semua sama-sama tahu. Aku memilih duduk sambil mengamati peluang takdir. Sesekali sambil menegur diri sendiri dalam langkah pendek dan pelanku, karena kaki yang pincang sebelah. Berjalanlah aku di jalan yang membutakan itu.

Sedangkan kalian. Semua sama-sama tahu pula. Kalian terlalu sibuk mencari pelita. Kalian juga sibuk mencari bata kokoh dari berlian dan oksigen untuk membuat api, yang akan kalian gunakan untuk membuat jalan yang terang. Dan berbanggalah kalian, dengan prestasi yang belum kalian mulai.

Menyedihkan, itu pikir kalian sendiri. Kalian akan senantiasa bertanya dengan hasil akhir apa yang kalian dapat. Kemudian barangkali, kalian akan “sekedar tersenyum”? Saat mendapati pada akhirnya jalan bertahta berlian kalian telah hancur terlebih dahulu karena oksigen telah membunuhnya perlahan-lahan, dalam tarian api yang mengesankan di tepi black hole.

Itulah karakter.

Semua manusia di bumi ini adalah tokoh asing ciptaan tuhan yang punya jalan pikiran dan karakternya sendiri. Dari satu hingga sepuluh, mungkin 5 cukup menjadi indikator penyama dari sesuatu yang lahiriah milik aku dan kalian. Namun tidak dengan yang bersifat batiniah. Itu bernilai 0 (kosong).

Untuk sekadar informasi, semua tipe karakteristik yang dicampurkan ke dalam konsep kelahiran dan kebatinan itu akan menuntun kami pada satu takdir. Kami tahu itu. Tapi terkadang kami mengabaikan apa yang akan terjadi selanjutnya, setelah kami memikirkan tindakan kami selang beberapa waktu lalu untuk saling memengaruhi.

Pada akhirnya kami semua kalah. Benarkah?

Salah. Aku sedikit lebih unggul daripada kalian.

Apa yang ada di pikiranmu saat ini? Melihat kalian merasa sedih, dan melihat aku merasa senang?

Jawabannya mungkin: “Tak ada yang benar-benar mengerti apa yang dimaksud dengan membutakan dan terbutakan. Karena mata adalah tukang tipu.”

Itu benar. Hanya karena sekumpulan karakter tergabung dalam satu tokoh imajinatif, mencoba menemukan jalan keluarnya sendiri. Kami hanya pura-pura mengerti. Ikatan yang tercipta, menciptakan sisi gelap dunia lain untuk kami tempati bersama, yang seharusnya bisa tidak kami tempati.

Yang merasa bahagia, yang merasa sedih, pada akhirnya akan terlihat sisi lainnya. Semua hal memiliki resolusi, meski kami sebenarnya tak mampu melihat jelas konflik semu itu di dalam black hole ilusi kami.

Namun kami terbantu dengan adanya satu refleksi: cermin.

Apa yang ada di pikiranmu saat ini?

Jawabannya: …







sumber gambar: redorbit.com




0 komentar :

Posting Komentar


 
Copyright (c) 2010 open your eyes to this big world... . Design by WPThemes Expert

Blogger Templates and RegistryBooster .