Kunjungi Juga Klub Sastra Kami

SASTRA MEDUSA

Jumat, 16 Mei 2014

PANDORA BOX “MU” DAN “TUHAN”



PERINGATAN!
Apa yang ditulis pada paragraf selanjutnya bukanlah suatu ceramah. Tulisan ini sebatas kata-kata absurd dari seorang remaja yang bingung mencari rangkaian kalimat motivasi untuk dirinya sendiri. Ini hanya sindiran untuk diri sendiri.
Maka dari itu, apabila ada kata-kata yang kurang pantas dan kurang bisa dimengerti, mohon dimaafkan. Terima kasih, dan silahkan membaca.


...trust yourselves to fix your own mistery...
...but, for the rest, just give it to the God...


Dunia ini memiliki banyak misteri. Mulai dari hal-hal terselubung yang selalu ada di depan mata namun tak pernah disadari, sampai hal-hal rumit yang membutuhkan analisis dan ketajaman logika untuk menemukannya.

Terkadang, kau tertarik dengan hal-hal yang masih “tersembunyi” di jagat raya ini. Itu bagus, jika kau pada akhirnya bersedia menganggapi rasa penasaranmu karenanya. Naluri manusia adalah banyak. Salah satunya, naluri untuk menemukan suatu pemecahan atas rentetan fakta maupun opini yang telah menyenggol sisi haus informasi dalam diri manusia itu sendiri.

Namun…        

Aha! Terkadang, kau mengabaikan nalurimu. Kau sendiriliah yang memutuskan hubungan dengan penemuan-penemuan yang “wah” lewat tanganmu. Naluri merupakan ego. Dan kebanyakan darimu, belum berhasil mengubur sisi keegoisan naluri di lubang yang paling dalam. Istilah masa kininya: “cuek”, “masa bodo”, dan “emang gue pikirin?!”

Mari kita tertawa. Betapa dangkalnya motivasi hidupmu untuk hal yang satu itu. Ibaratnya kau menyiram api dengan pasir, padahal ada satu sumber air tak jauh dari lokasimu. Ditekan oleh rasa malas, ego, dan segala tetek-bengek lainnya, kau menumpulkan nalurimu sendiri. Setara dengan meremehkan usaha tuhan yang menjadikan kita, para manusia, sebagai “makhluk paling sempurna”. Tapi kau jangan menangis.

Memang, adakalanya tak semua misteri di dunia ini dapat kau pecahkan untuk memuaskan rasa ingin tahumu, karena segala keterbatasan fisik maupun psikis yang kau miliki. Tak semudah membuka Pandora box, untuk melihat kejutan yang memberi banyak rasa, tentunya. Terkadang, kotak tersebut tergembok, perlu usaha untuk membukanya. Yaitu mencari kunci yang belum tentu mudah untuk ditemukan.

Seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami. Bukan. Seperti mencari buih di hamparan samudera. Mengerti? Kunci itu ada. Tapi tak akan pernah bisa kau gapai. Mari tersenyum pada kekerdilan kita di bawah surga-Nya ini.

Tentu, segala usaha yang dilakukan tak mungkin sepenuhnya sia-sia. Yang perlu kau lakukan ialah menggali ide seraya mencari solusi, guna membuka kotak-kotak misteri di dunia ini. Jangan menyerah! (Pahami dua kata absolut tadi).

Selama kau masih ada, simpan sajalah dulu ego naluri. Kejar misteri yang ada dan mungkin dipecahkan. Sisakan yang ada namun tak tampak, untuk tetap dimiliki tuhanmu sendiri. Kalau kau merasa sebagai makhluk-Nya yang “paling sempurna”, yakinlah.





sumber gambar: accountancyage.com

0 komentar :

Posting Komentar


 
Copyright (c) 2010 open your eyes to this big world... . Design by WPThemes Expert

Blogger Templates and RegistryBooster .